topbella

Selasa, 23 Oktober 2012

Normalkan Saya?

berkat komen salah satu teman di postingan saya kemaren, saya baru sadar ternyata akhir-akhir ini saya banyak nulis puisi. percaya ngga percaya, itu berhubungan langsung nih sama mood yang agak melankolis. 
yuuppii ....
ngomong-ngomong soal mood, kita musti tau beda mood sama emosi.

berdasarkan buku yang saya baca, emosi adalah respon terhadap sesuatu hal. contohnya: ketika kamu di kasih hadiah kamu akan merasa bahagia.. nah itu yang disebut dengan emosi. 
sedangkan mood itu relatif permanen, bisa bertahan berhari-hari tergantung masing-masing individu. contohnya: mood saya beberapa hari ini lagi baik nih, gak gampang marah dan cepet lupain kesalahan orang lain.

well...
apa mood kalian hari ini baik?

tadi seperti yang saya bilang, teman saya menyadarkan bahwa saya ternyata lebih banyak bikin puis. 
jadii.. saya sekarang mau bahas perkuliahan psikologi umum tadi pagi tentang "adult sexual".

tadi itu membahas mengenai proses dimulainya perkembangan sexsual, hormon-hormon yang mempengaruhi, dan jenis penyimpangan. 
dan ternyata telinga saya lebih sensitif untuk mendengarkan mengenai penyimpangannya.

pasti ngga asing lagi ngedeger kata "HOMOSEXSUAL". 
sebelumnya saya mau menjelaskan dulu mengenai  orientasi sexual, orientasi sexsual adalah kecenderungan seseorang dalam hal romantisme terhadap lawan jenis atau sejenis. 
nah... orientasi sexsual itu ada 4 jenis :
  1. heterosexsual, singkatnya heterosexsual adalah yang menyukai lawan jenis, pria menyukai wanita, dan wanita menyukai pria, dan mereka saling memiliki keinginan untuk melakukan hubungan dengan lawan jenis mereka. sebagian besar manusia adalah heterosexsual.
  2. homosexsual, kalau yang ini merupakan seseorang yang menyukai dan memiliki keinginan untuk melakukan hubungan dengan sesama jenis, pria dengan pria, dan wanita dengan wanita. 
  3. asexsual, kalau yang ini malah ngga suka sama siapa-siapa. seseorang yang tidak memiliki keinginan untuk berhubungan dengan wanita maupun pria
  4. terakhir itu adalah bisexsual, seseorang yang menyukai dan memiliki keinginan untuk melakukan hubungan dengan pria maupun wanita
karena sebagian besar manusia adalah heterosexsual, maka orang-orang yang homosexsual, asexsual, atau bisexsual akan dianggap menyimpang.




tapi setelah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ditemukan bahwa orang-orang yang homosexsual, asexsual, dan bisexsual bukanlah kesalahan dari dirinya sendiri. itu bukanlah sebuah pilihan yang bisa mereka pilih, melainkan disebabkan oleh gen, hormon, dan lingkungan yang saling mempengaruhi.

yang perlu diingat adalah, pria yang memiliki perilaku mirip seorang wanita (seperti gemulai, lembut, dan sensitif), tidak membuat mereka menjadi seorang homosexsual. karena yang menyebabkan mereka berperilaku seperti itu adalah hormon androgen. sedangkan hormon androgen tidak mempengaruhi orientasi sexsual seseorang.

tapi sayangnya di lingkungan kita, pria yang bersifat seperti wanita (feminim) dan wanita yang bersifat seperti pria (tomboi) sering disangka sebagai homosexsual, padahal nyatanya "belum tentu".

DSM IV atau Diagnistic and Statistical Manual of Mental Disorder sudah menganggap homosexsual bukanlah sebuah bentuk abnormal. hukumpun satu persatu sudah melegalkan hubungan sesama jenis. satu-satunya yang melarang itu adalah aturan agama. 
karena pada hakikatnya, sesuatu itu diciptakan berpasang-pasangan, dan pasangan dari pria adalah wanita.

bukan berarti karena ilmu pengetahuan dan hukum sudah melegalkan, maka kita semena-mena melakukan hubungan sesama jenis.
tapi tidak berarti pula karena agama melarang, kita jadi menjauhi para pelaku homosexsual, bisexsual, maupun sexsual.
you know what, kadang mereka tidak ingin menjadi seperti itu.

kita punya akal yang bisa kita gunakan untuk berpikir dan menimbang.
karena kita adalah manusia :) 



1 komentar:

fanny Nurfadilah mengatakan...

Sangat membantu dalam pengetahuan dan trimakasih sudah membantu saat perdebatan dalam PMR akhirnya saya yg menang :-)

Poskan Komentar

komentar itu memabangun :)
terimakasih kunjungannya...

About Me

Foto Saya
hafda putri hibatul wahdini
muslim, hafda, minang, psikologi, indonesia :)
Lihat profil lengkapku