topbella

Senin, 28 Mei 2012

Pilih Mana ya ??? -_-"


kedokteran, hukum, akuntansi, managemen, psikologi, keperawatan, pertanian, perpajakan, perikanan, kelautan, farmasi, ekonomi, komunikasi, peternakan, geologi, teknik, MIP, geofisika, bla bla bla bla

puluhan pilihan jurusan menari-nari di kepala para calon mahasiswa baru :D


Beberapa hari yang lalu, pengumuman kelulusan SMA dan sederajat heboh mengalir dengan hebohnya saya mendengar kabar kelahiran keponakan yang kedua :D selamat datang sayang di dunia yang penuh pilihan ini, sabar menunggu kedatangan ucu beberapa hari lagi ya.....

Balik ke topik, berita kelulusan itu pun sampai ke telinga saya, kabar baiknya kelulusan tahun sekarang meningkat dibandingkan saat saya masih SMA, sekitar setahun yang lalu. katanya, hampir 99,sekian persen siswa SMK di Indonesia lulus. selamat untuk kalian yang sekarang tidak diharuskan lagi memakai seragam. 

eiitsss jangan senang dulu, bagi kalian  SMA berarti yang harus kalian lakukan adalah melanjutkan ke bangku kuliah,
ga harus sih... tapi alur yang seharusnya adalah SMA lanjut perguruan tinggi, karena di SMA kita belum diberi keterampilan khusus yang menunjang dunia pekerjaan *katanya*.

Ujian masuk perguruan tinggi alian SNMPTN tinggal hitungan hari, pendaftaranpun tinggal 2 hari lagi. saya memprediksikan bahwa kebanyakan dari calon mahasiswa ini masih ragu dengan pilihannya.
TAPI saya juga yakin sudah banyak yang sudah YAKIN dengan pilihannya, seperti saya satu tahun lalu.

udah tau donk ya, kalau saya adalah mahasiswi psikologi universitas padjadjaran yang terletak di sebuah desa di Jawa Barat yang bernama Jatinangor. 

well... kebanyakan orang bertanya kepada saya, "kenapa milih psikologi?", "saya masih belum ngerti kerja psikolog itu apa, gimana prospek kerjanya?" dan bla bla bla.

ga saya pungkiri masih banyak orang yang masih belum mengerti tentang apa itu psikologi.
buat teman-teman yang ingin memilih psikologi atau yang tidak berniat ngambil psikologi, silahkan di pantengin ya....

psikologi itu adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan proses-proses yang terjadi di dalamnya. jadi salah besar anggapan orang yang mengatakan kalau psikolog itu hanya ngurusin orang-orang sakit jiwa. Psikiater itu beda loh sama Psikolog,
Psikiater itu harus ngambil kedokteran dulu, sedangkan psikolog ngambil jurusan psikologi.
psikolog ga berhak ngasih obat-obat an, yang berhak itu psikiater. 

cukup jelas kan ya.... lanjut,
apa sih yang dipelajari di psikologi itu? 
kita belajar biopsikologi --> keadaan tubuh, otak, saraf, dan hormon yang mempengaruhi perilaku kita. contohnya kita senang itu karena hormon serotonin kita lagi berjalan nih...
kita belajar psikologi umum --> nah.. yang ini itu kita belajar keadaaan psikologi kita, contohnya persepsi, emosi, learning, dll
kita belajar psikologi kepribadian --> gimana sih perbedaan-perbedaan kepribadian orang itu
kita belajar psikologi perkembangan --> perkembangan fisik maupun psikis mulai dari infancy (bayi) sampai tua. kita juga belajar proses-prose kelahiran.
kita belajar filsafat --> membahas tentang manusia secara lebih dalam
kita belajar ilmu pernyataan --> melihat seseorang dari apa yang dia tampilkan
kita belajar tentang penelitian --> contohnya: hubungan jenis kelamin dengan minat dalam jenis film
dan masih banyak lagiiiiii

asiik kan ya..
kalau saya ditanya mengapa saya pilih psikologi, jawaban saya akan sama "saya ingin kuliah yang ilmunya bisa saya pakai walaupun saya tidak bekerja".
iya sih... kalau dipikir-pikir semua ilmu terpakai, tapi yang terpakai menurut saya adalah benar-benar maksimal. contohnya ketika saya kuliah di teknik geologi, kalau seandainya suatu saat saya ditakdirkan memang tidak untuk menjadi pekerja "diluar" berarti ilmu saya tentang bumi dan apalah itu tidak akan terpakai maksimal. 

bukan berarti saya tidak ingin bekerja juga, saya hanya mengantisipasi dan membuat rencana jangka panjang untuk saya khususnya saya sebagai perempuan.

masalah prospek kerjanya, jangan khawatir. selama ada manusia, selama itu pula lah lulusan dari psikologi mampu bekerja. di bidang apapun, seperti seni, ketentaraan, perusahaan, psikolog, dosen, manager, dll.

hal yang PENTING yang harus diingat adalah, kuliah tidak semata-mata untuk mencari pekerjaan. karena toh banyak juga yang bekerja tapi tidak sesuai dengan jurusan saat kuliah. contohnya: orang yang kuliah di seni bisa menjadi seorang manager. 

kuliah itu adalah dimana kita belajar, merubah pola pikir menjadi lebih baik, mencari relasi, dan menemukan identitas diri yang sesungguhnya. kuliah hanya menjadi jembatan penghubung.

jadi untuk kalian yang sedang GALAU memikirkan jurusan, hal yang harus kalian lakukan adalah:
1. ketahuilah minat kalian dimana
2. buatlah rencana jangka panjang, nanti itu mau kerja dimana, menikah umur berapa, punya anak berapa dll  
3. belajar, belajar, belajar
4. berdoa berdoa berdoa

dan ketika saat kuliah itu tiba, nikmatilah walaupun sebenarnya rada susah,
kalau menurut saya kuliah itu menyenangkan sekaligus membosankan.
menyenangkan ketika dinikmati, dan membosankan ketika tidak menikmati ditambah lagi dengan dosen yang hanya curcol ga jelas di depan kelas. -_-

all the end :)
selamat memasuki bangku perkuliahan....


0 komentar:

Poskan Komentar

komentar itu memabangun :)
terimakasih kunjungannya...

About Me

Foto Saya
hafda putri hibatul wahdini
muslim, hafda, minang, psikologi, indonesia :)
Lihat profil lengkapku